MEDIA MASSA (MASS MEDIA)
Media massa atau Pers adalah suatu
istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus
didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan
sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.
Definisi
1. Menurut UU
No. 40 tahun 1990 tentang Pers:
Pers adalah
lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan
jurnalistik yang meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah,
dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan
gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan
media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia.
- alat cetak
untuk mencetak buku atau surat kabar
- alat untuk
menjepit atau memadatkan
- surat
kabar dan majalah yang berisi berita
- orang yang
bekerja di bidang persurat kabaran.
Dalam bukunya Four
Theories of the Press yang ditulis oleh Wilbur Schramm dkk mengemukakan 4
teori terbesar pers, yaitu the authotarian, the libertarian, the social
responsibility dan the soviet communist theory. Keempat teori
tersebut mengacu pada satu pengertian pers sebagai pengamat, guru, dan forum
yang menyampaikan pandangannya tentang banyak hal yang mengemuka ditengah
tengah mesyarakat.
Jenis-jenis media masa
1. Media massa tradisional
Media massa
tradisional adalah media massa dengan otoritas dan memiliki organisasi yang
jelas sebagai media massa. Secara tradisional media massa digolongkan sebagai
berikut: surat
kabar, majalah, radio, televisi, film (layar lebar). Dalam jenis media ini terdapat ciri-ciri
seperti:
- Informasi
dari lingkungan diseleksi, diterjemahkan dan didistribusikan
- Media
massa menjadi perantara dan mengirim informasinya melalui saluran
tertentu.
- Penerima
pesan tidak pasif dan merupakan bagian dari masyarakat dan menyeleksi
informasi yang mereka terima.
- Interaksi
antara sumber berita dan penerima sedikit.
2. Media massa modern
Seiring dengan
berjalannya waktu dan perkembangan teknologi dan sosial budaya, telah
berkembang media-media lain yang kemudian dikelompokkan ke dalam media massa
seperti internet dan telepon selular. Dalam jenis media ini terdapat ciri-ciri seperti:
- Sumber
dapat mentransmisikan pesannya kepada banyak penerima (melalui SMS atau
internet misalnya)
- Isi pesan
tidak hanya disediakan oleh lembaga atau organisasi namun juga oleh
individual
- Tidak ada
perantara, interaksi terjadi pada individu
- Komunikasi
mengalir (berlangsung) ke dalam
- Penerima
yang menentukan waktu interaksi
0 comments:
Post a Comment