Thursday, April 27, 2017

Lelaki Hijrah dan Jahiliyah



Carilah pasangan yang berkeadilan gender, begitu salah seorang dosen. Ia mewanti-wanti agar mahasiswanya tidak salah dalam memilih pasangan hidup. Salah pilih gubernur waktu Pilkada hanya menyesal lima tahun. Tetapi salah memilih pasangan? Bisa panjang urusannya.
Pesan ini secara eksplisit memang ditujukan kepada kaum muda, terutama mahasiswi di kelas sang dosen. Akan tetapi, pesan yang disampaikan ini sangat relevan ditujukan kepada semua kalangan. Bagi penulis, pesan ini menjadi titik awal ketertarikan penulis terhadap isu-isu feminisme yang sempat menguat beberapa tahun yang lalu, tetapi kemudian melemah beberapa waktu belakangan.
Mengapa dikatakan melemah? Munculnya banyak tokoh seleb agama yang mengampanyekan semangat patriarki adalah salah satu sebabnya. Ironisnya, pemikiran mereka yang menggiring perempuan kembali ke bilik dapur dan rumah tangga ini sangat digandrungi. Forum-forumnya selalu ramai. Tak jarang, forum tersebut dijadikan ajang menghabisi konsep keadilan gender yang sudah disuarakan sejak lama. Singkat kata, perempuan dianggap cukup untuk mengurus keperluan domestik rumah tangga, alih-alih turut beraktivitas dan berkarya di kehidupan.
Munculnya pemikiran semacam ini membuat dunia seakan mundur 1500 tahun ke belakang. Sebelum Islam datang, perempuan merupakan manusia kelas dua yang tidak memiliki hak bersuara. Perempuan bahkan dianggap aib oleh masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari perilaku jahiliyah bangsa Arab yang mengubur hidup-hidup anak perempuannya karena merasa malu. Bangsa jahiliyah pun memperbolehkan seorang lelaki mengawini puluhan atau bahkan ratusan perempuan sekaligus. Setelah Rasulullah SAW mendakwahkan Islam, perempuan memiliki kehormatan yang sama dengan lelaki.
Hal ini dirasakan pula oleh sahabat Umar ibn Khattab RA. Khalifah kedua umat Islam ini berkata, “Pada masa jahiliyah, kami tidak pernah  memperhitungkan perempuan. Hingga Islam datang dan Allah SWT menyebut-nyebut mereka, barulah kami sadar bahwa mereka punya hak yang tidak bisa kami intervensi sama sekali.” (Fath al-Bari).
Islam datang untuk mendobrak tradisi patriarkis bangsa jahiliyah Arab yang menempatkan perempuan hanya sebagai objek. Pada perjalanan waktunya, banyak tokoh-tokoh perempuan Islam yang menjadi tokoh perubahan. Di Indonesia, kita mengenal banyak perempuan muslim yang dikenang sebagai tokoh emansipasi dan revolusi seperti Kartini, Dewi Sartika, Cut Nyak Dien, Cut Meutia dan lain sebagainya. Jika masih ada orang yang berpikir perempuan sebagai manusia kelas dua, patut dicurigai ia manusia yang seharusnya lahir 15 abad yang lalu.
Jika ingin menilik umat Islam yang ideal, lihatlah Islam pasca hijrah ke Madinah. Hijrah adalah titik balik perjalanan umat Islam dari masa kegelapan menuju sebuah era yang terang benderang. Di periode inilah diturunkan banyak ayat Al-Qur’an terkait akhlak, muamalah, yang termasuk juga di dalamnya tentang ayat-ayat keadilan gender.
Di masa kini, hijrah bisa dimaknai sebagai sebuah paradigma atau pola pikir masyarakat. Hijrah adalah simbol sebuah perubahan paradigma masyarakat dari konservatif menuju progresif. Bagaimana bisa melihat seseorang itu konservatif dan progresif? Lihatlah caranya memandang keterlibatan perempuan dalam segala aspek kehidupan.
Orang konservatif cenderung menolak keterlibatan perempuan dalam pembangunan sosial. Ia menilai tugas seorang perempuan hanya manak (melahirkan), macak (berias), dan masak. Perempuan yang sempurna adalah yang bisa menguasai ketiga hal tersebut. Perempuan yang berkenan untuk tidak keluar dari rumah barang sejengkal adalah favoritnya.
Sementara lelaki progresif memandang perempuan memiliki kesempatan dan peran serta tanggung jawab yang sama dalam pembangunan sosial. Ia memberi keleluasaan bagi pasangannya untuk melakukan hal-hal baik yang bermanfaat bagi sesama. Sebagaimana firman Allah SWT, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.
Wallahua’lam.

0 comments:

Post a Comment