Saturday, January 30, 2016

Kapan Jadi Teknisi UIN, Mark?

leadinvestor.com
Melihat beranda facebook beberapa terakhir ini membuatku ingin protes sama si empunya, Kang Mas Mark Zuckerberg. Lha gimana enggak? Situs jejaring yang dibangunnya itu berisi spam-spam yang berasal dari wilayah yang sama: Yogyakarta. Mau nulis UIN Jogja gak enak, takut nanti jadi masalah di belakangnya.
Aslinya aku pengen report as spam pada status-status yang isinya mengkritik sistem Online KRS-an. You know KRS? KRS itu akronim dari Kartu Rencana Studi yang wajib ada di setiap kampus. Kalo nggak ada KRS ya nggak bisa kuliah. Penerapan input KRS ini bisa secara Online ataupun offline.
Sejak pertama kali aku kuliah di kampus yang disebut termurah sedunia ini, sistem input KRS-annya Online. Sangar, tho? Kuliah gak sampek sejuta (belum UKT) udah bisa nggaya input via leptop atau smartphone. Waktu itu aku sempet ngece temanku yang kuliah di salah satu kampus swasta. Kalo masa KRS-an, temanku itu harus pergi ke kampus. Ngantri beberapa jam, baru kemudian dapat jadwal kuliah. Oh pity...
Waktu itu aku sampe nanya, berapaan sih semesteranmu? Dia jawab 80ribu satu SKS. Kalo satu semester ngambil 20 SKS, biayanya 1,6 juta. Itu belum termasuk biaya-biaya lain jika ditotal jumlahnya sampe 3 juta persemester. Lha duit segitu di kampusku bisa bayar 5 semester. Nyaris wisuda! Biaya setahun di kampusnya bisa buat bayar kuliah di kampusku sampe lulus, sekaligus wisudanya. Pantes di kampusku banyak banget anak yang ogah lulus. Lha murahe pol...
Temenku langsung tanya soal sistem Online yang diterapkan di kampusku. “Enak, ya. Gak harus capek-capek ngantri. Bisa disambi udud dan ngopi.” Dengan bangga aku praktekkan gimana cara input yang asyik. Satu leptop dibuat ngakses laman Sistem Informasi Akademik (SIA), satu leptop lagi dipake main PS.
Ya perlulah disambi PS soalnya loadingnya lumayan lama. Input satu matakuliah bisa 15-30 menit. Bayangin kalo nginput 8 mata kuliah. Bisa berapa lama? Setelah satu matakuliah terinput, ngikutin gaya Damian, aku bilang ‘sempurna...’
Temanku itu iri. Sangat iri. Ia bercerita ngalor ngidul mengenai susahnya input KRS secara offline. Katanya jadi gak bisa garap hal-hal produktif selama 3-4 jam gara-gara ngantri. “Terus kenapa SPP mahalnya gitu tapi pelayanannya kacau?’ gerutu temanku. Ia mengungkit SPP di kampusku yang cuma 600ribu, tapi pelayanannya oke. ‘Ya agak lelet dikit ndak apa-apa wong bayarnya juga segitu.’ Justru malah temanku yang memaklumi keleletan ini.
Namun semua berubah setelah negara api menyerang. Keleletan dalam input sudah menjadi-jadi. Kalo dulu masalahnya hanya lola alias loading lama, sekarang sistem mulai doyan fitnah.
Aku sendiri jadi korban fitnah sistem yang pernah membanggakanku itu. Mulai dari difitnah belum bayar SPP, sampe dibilang NIM enggak valid. Hellow... Sakit tahu difitnah gitu!
Salah satu meme yang beredar

Tapi aku gak mau nyalahin sistem. Mereka hanyalah robot yang hidup dari perawatan empunya. Aku juga gak mau nyalahin teknisi. Karena mereka hanyalah manusia yang tak luput dari khilaf. Apalagi tim teknisi sudah melakukan segala daya dan upaya agar sistem input gak down. Mulai dari membagi jadwal input perfakultas sampai membuat sistem tandingan. Namanya pun keren, balance. Teknisi ini sampe membagi secara rinci waktunya. Fakultas A dari jam 07.00-12.00. Fakultas B dari jam 13.00-16.00 dan seterusnya. Mungkin harapannya agar bisa mengurangi beban server.
Ya, nyatanya lelet ini gak terobati justru menjadi-jadi. Di spam beranda facebook ada yang curhat habis uang nyaris 100ribu untuk ngenet dan hasilnya nihil. Ada lagi yang misuh-misuh gak jelas. Tapi gak enak nulis salinan pisuhannya di sini. Wong dia nulis kata BAJINGAN. Kan gak etis.
Aku juga gak bisa nyalahin temen yang misuh-misuh. Lha aku sendiri ngalamin betapa waktuku terkuras habis untuk nginput satu mata kuliah aja. Cuma satu mata kuliah, lho! Gimana perasaan teman-teman yang nginput sampe 6-8 mata kuliah.
Yang patut disalahkan adalah kenapa Mark Zuckerberg gak jadi teknisi sistem KRS online UIN. Aku membayangkan jika sistem input online ala UIN anti lelet kayak facebook. Betapa tujuan onlinenisasi sistem benar-benar bisa membantu orang banyak. Ibaratnya facebook itu untuk gantiin model pacaran anak UIN dari surat-suratan ke chat-chatan.
Semoga Mark di sana membaca keluhan anak UIN yang singgah ke dinding ratapan miliknya. Syukur-syukur karena anak UIN tidak lagi hobi curhat di laboratorium agama, tetapi malah di wall facebook, membuat si Mark tergugah dan mau jadi sukarelawan teknisi sistem online UIN. Atau aku perlu buat petisi di change.org untuk meminta Kang Mark mau jadi teknisi sistem UIN?
Asal Kang Mark tahu, facebook itu masih ada dan hits karena anak-anak UIN! Anak-anak UGM udah pada hijrah ke Path yang punya Bakrie itu, Snapchat dll yang anak UIN belum banyak punya. Buktinya yang ngelove ama ngelaugh statusku di Path anak-anak luar kampus semua. Sedih gak, Mark? Eh, ada beberapa ding yang mulai kenal Path. Karena anak UIN, facebook masih tenar sampe sekarang. Ini fakta lho, Mark!

Kapan mendengar ratapan kami dan datang ke Indonesia untuk jadi teknisi UIN, Mark? 

1 comment:

  1. oke jok,,,, semoga keluhan mu cepat dapat jawaban dari boz mark......

    ReplyDelete