Sumber gambar |
Catatan Kecil Diskusi Malam Reboan LkiS
“Model-Model Gerakan Literasi Media di Indonesia”
Prolog
Media (pers) selalu dikatakan sebagai pilar demokrasi yang keempat. Media
biasa diistilahkan sebagai watch dog, anjing pengawas. Ada yang
mengartikannya sebagai anjing penjaga. Maksudnya, media atau pers mengawasi
atau menjaga berjalannya pilar demokrasi lainnya. Julukan ini menjadi penegas
bahwa hakikatnya media mempunyai fungsi kontrol sosial, selain berfungsi
sebagai media pendidikan, hiburan dan (kini) agenda politik[1].
Pertama-tama saya tertarik dengan istilah anjing pengawas itu. Binatang
yang paling saya takuti dulu sebenarnya tidak menakutkan. Rantai yang
dikalungkan di lehernya menjadi jaminan. Dan ia hanya menggonggong pada hal
yang asing. Seekor anjing pengawas akan diam ketika yang datang adalah orang
yang sudah akrab.
Anjing penjaga hanya bisa menggonggong tanpa bisa melakukan eksekusi. Yang
bisa dilakukannya memang menggonggong sekeras-kerasnya. Tetapi ia dibelenggu
oleh rantai. Rantai tersebut dililitkan di sebuah tiang yang tidak mungkin
membuatnya merdeka.
Anjing pengawas memang difungsikan sebagai ‘alarm’ otomatis sang majikan.
Ketika ada orang asing, sang anjing akan menggonggong. Si majikan tingggalmengecek
apa benar itu ancaman atau justru kurir makanan siap saji yang sedang mengantar
pesanan. Ketika yang datang bukan bahaya, sang majikan cukup mengelus kepala si
anjing, si anjing akan diam.
Anjing penjaga bukan anjing pelacak yang diberi keleluasaan untuk menggigit.
Anjing penjaga sifatnya menunggu, tidak seperti anjing pelacak yang mencari. Oleh
karenanya, media (pers) hanya menjaga atau mengawasi. Sekali lagi tidak dalam
tataran eksekusi. Kalau ada penyimpangan digonggongi, tapi tidak punya wewenang
untuk menghukumi. Ibarat polisi, media hanya diberi sempritan (peluit) tapi
tidak diberi pentung untuk menindak. Gonggongan itu pun disuarakan ketika ada
hal asing. Tapi jika sudah familiar?
Kegelisahan di Pendopo Hijau
Ada pernyataan menarik yang dilontarkan oleh peserta diskusi malam ini.
Menurutnya, media tidak bertanggung jawab atas kejahatan (misal pemerkosaan)
yang terjadi. Tayangan pornografi tidak bisa dikambing-hitamkan begitu saja.
Alasannya cukup logis, pemerkosaan sudah ada bahkan sebelum media lahir.
Ada juga seorang peserta yang mengungkapkan pengalamannya sebagai tenaga
medis. Ia pernah terjun ke suatu tempat di mana para bayi yang idealnya sudah
dapat bicara di usia 2 tahun, namun kenyataannya di sana belum bisa. Setelah
diteliti, ternyata si bayi terbiasa ‘menonton’ televisi lebih dari empat jam
sehari. Penyebabnya, si bayi ditinggal di depan tv yang menyala sementara orang
tua atau pengasuhnya bekerja di dapur dan lain sebagainya. Walhasil si bayi
menjadi penonton pasif. Kurangnya interaksi ditenggarai sebagai penyebab kasus
bayi tersebut.
Dua paragraf memang tidak berkaitan, namun bisa dijadikan contoh
bagaimana khalayak membicarakan media. Ada orang yang menganggap media
berpengaruh pada fenomena, ada yang sama sekali menolak paham ini. Banyak masyarakat
yang menganggap tayangan yang ada di media sebagai hiburan belaka, tanpa
menimbang ada pengaruh luar biasa bagi kehidupan sosial.
Saya teringat beberapa waktu lalu (semester dua) menulis artikel berjudul
“Efek Behavioral Tayangan Televisi”. Dalam tulisan tersebut, saya mengambil
kasus seorang anak menyemekdon (smack down) temannya sampai akhirnya si anak
sakit lalu meninggal dunia. Hal tersebut terjadi ketika maraknya tayangan smack
down di Lativi. Akibat banyaknya laporan, tayangan smack down akhirnya
dihentikan.
Lalu apakah media memang memiliki pengaruh? Saya tidak perlu menjawabnya.
Gerakan Literasi; Sebuah Perlawanan
Maulin Ni’am[2]
mengatakan media kini tidak bisa disebut sebagai pengawas, penjaga atau
pengawal demokrasi. Bahkan media sekarang dianggap sebagai penghambat
(penghalang) terbesar demokrasi. Ia mengibaratkan media sebagai darah,
sementara tiga pilar lain merupakan bagian tubuh lainnya. Mengapa penghambat?
Karena darah tersebut sudah terkontaminasi racun. Perlu berkali-kali cuci darah
agar kehidupan bisa terus berlangsung.
Hal ini tidak lain karena media menyalahgunakan wewenangnya. Tidak ada
media yang independen karena dimiliki oleh pemilik modal yang rata-rata seorang
politisi. Akibatnya media digunakan pula sebagai arena pertarungan politik.
Dalam membuat suatu program siaran, pertimbangan utama media adalah
rating. Media tidak lagi memperhatikan apakah tayangan tersebut mendidik atau
tidak. Baginya, rating tinggi berarti menandakan masyarakat menerima. Saya
ingat bagaimana TRANS TV menolak menghentikan tayangan YKS (Yuk Keep Smile!) karena menganggap YKS
sebagai bagian dari masyarakat. YKS terlanjur digandrungi.
Memang menjenuhkan! Saya sendiri sudah frustrasi dengan tayangan yang
ditawarkan oleh televisi Jakarta yang ‘kebetulan’ siaran secara nasional itu.
Dari 24 jam waktu tayang, sangat sedikit yang keluar dari mainstream jamuran.
Mengapa jamuran? Karena media Indonesia sukanya mengekor pada media lain yang
dianggap berhasil menjual tayangannya kepada masyarakat. Sebagai contoh, meledaknya
goyang Cesar memancing lahirnya goyang-goyang lainnya.
Mungkin banyak orang-orang yang senasib dengan saya. Oleh karenanya,
pengawasan diri dari tayangan media perlu dilakukan. Intan[3] menyebut
gerakan ini sebagai gerakan literasi media. Literasi bertujuan untuk menguatkan
diri agar seseorang bisa memilah mana informasi yang dibutuhkan dan mana yang
tidak.
Gerakan literasi bisa dilakukan dalam dua level yang berbeda. Di level
paling bawah, gerakan literasi diaplikasikan dalam bentuk tindakan personal
terhadap media. Seseorang dapat bersikap menonton atau tidak suatu tayangan
yang diberikan media. Pada level paling atas, tindakan tersebut bukan hanya
berupa tindakan personal, namun mengajak orang lain untuk melakukan hal yang
sama. Misalnya saja mengajak anak-anak untuk menghindari tayangan berbau
dewasa. Intan memberi katakunci bahwa literasi media bertujuan agar timbul
persepsi ‘saya butuh tayangan ini (bukan) saya menonton karena adanya ini’.
Mengapa literasi perlu? Karena media menggunakan frekuensi yang notabene
milik publik. Masyarakat mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang
mendidik, bukan tayangan narsis para pemilik modal. Dalam hal ini, penilaian
baik dan buruk tidak bisa dilakukan dengan menimbang masyarakat suka atau tidak
suka. Perlu dicatat bahwa gerakan literasi bukan berarti hanya mengkritisi
media, namun bisa juga memanfaatkan media.
Salah seorang peserta menyayangkan mengapa tayangan yang berkualitas
justru tidak mudah diakses. Di obrolan kecil dengan saya, peserta tersebut menganalisa
mengapa iklan tidak masuk ke KOMPAS TV yang dianggapnya sebagai stasiun
televisi berkualitas. “Itu karena KOMPAS TV tidak bisa dijangkau di semua
tempat”. Oleh karenanya iklan akan masuk ke tv-tv yang ‘pasaran’.
Epilog; Woh!
Ya, percakapan atau lebih kerennya diskusi malam itu seakan (dalam
frame-ku) menegaskan bagaimana media sudah melenceng dari jalurnya.
Statemen-statemen begitu juga kegelisahan yang menguap layaknya kabut asap
merupakan penilaian yang tidak bisa dinafikan. Masyarakat sekali lagi menjadi
objek yang terus dimanfaatkan.
Mengenai tayangan yang dianggap tidak penting, ada statemen menarik dari
rekan saya. Dia bercerita ketika di rumah seorang pembantunya tengah menonton
tayangan yang dianggapnya tidak penting. Lalu muncul percakapan semacam ini:
“Tontonannya kok gak penting gini?”
“Ya bagaimana lagi, non. Tiap hari susah masak nonton yang bikin susah
lagi...”
Ia menyimpulkan (walau pendapatnya masih belum teruji dan sebatas
hipotesa subjektif) bahwa penonton berasal dari kalangan menengah ke bawah.
Mereka mencoba keluar dari realitas kehidupannya. Makanya sinetron-sinetron
“Pacarku Tukang Angkot” dll digemari. Itu semata-mata mereka ingin lari dari
realitas!
Untuk hal seperti ini, media semakin menggonggong. Muncullah banyak
tayangan yang mirip tapi membosankan. Mulai sinetron ‘impossible’,
goyang-goyangan dan lainnya. WOH!!!
Yogyakarta,
Dari Kebun Laras sampai Student Center
13-14 Maret 2014
Yogyakarta,
Dari Kebun Laras sampai Student Center
13-14 Maret 2014
Wajar program televisi Indonesia seperti ini, kebanyakan bukan murni untuk menyampaikan pesan tetapi hanya mengambil keuntungan. Disamping itu mayoritas penonton tv di Indonesia adalah kalangan menengah kebawah hal inilah yang dimanfaatkan media televisi untuk menyangkan program yang rata2 hiburan apalagi munculnya dangdut akademi ratingnya sudah mengalahkan yks.Nonton bertia paling kalo pas penentuan awal bulan puasa dan idul fitri, itulah Indonesia. Tapi yang menjadi pertanyaan saya, apa salah media? Toh KPI juga mempunyai regulasi, bukannya selama tidak melanggar kode etik sah2 saja?
ReplyDeleteYa, orang jualan makanan ampas (tidak bergizi) juga tidak melanggar. Tapi bagi pakar gizi, hal tersebut meresahkan. Sebagai pengamat, terserah bagaimana kita bersikap. Mendukung tanpa gizi atau menyeru perbaikan gizi.
ReplyDelete