Wednesday, June 19, 2013

Kenaikan BBM Harga Mati (?)


Orang di Jurusan Hukum Islam mengatakan seperti ini, "Masih mending BBM dinaikkan. Kalo menurut saya mending dihilangkan saja subsidinya." Awalnya saya berontak, bagaimana dengan nasib orang yang berada di level ekonomi kurang? Ia menjelaskan bahwa ternyata 70-80% subsidi dinikmati oleh orang kaya. Selain itu, permainan tengkulak di atasan sangat mungkit terjadi. Dengan subsidi, tengkulak membeli sebanyak-banyaknya lalu diselundupkan di negara lain dengan harga yang wah. Jelas keuntungannya luar biasa. Lalu apakah kenaikan tersebut tidak justru menimbulkan inflasi yang tidak terkendali? Ia menggarisi ada baiknya daripada dibuat subsidi uang disalurkan saja dalam bentuk pembangunan infrastuktur dan transportasi. Sebagai contoh, Monorel di Jakarta rencana anggarannya 100 Triliyun. Sedang subsidi BBM mencapai 300 Triliyun pertahun. Dengan membangun monorel kemacetan bisa terurai dan konsumsi BBM berkurang sebab pengendara banyak yang beralih ke kendaraan umum.
Salah satu yang menyebabkan tidak terkendalinya harga BBM adalah konsumsi masyarakat yang tidak menekankan aspek hemat. Untuk bepergian banyak yang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Di Yogya tepatnya di jalan Gejayan memang  banyak terlihat mobil yang hanya berisi supir. Meski peraturannya mobil harus PERTAMAX, tetapi masih banyak yang melanggar itu. Beberapa saat yang lalu ditemukan pula pembangunan swalayan menggunakan BBM subsidi. "Inilah yang sebenar-benarnya pengkhianat rakyat, bukan pemerintah sebagai pelaksana kebijakan," kata teman saya.
Entahlah, kontroversi BBM memang tidak pernah bisa disepakati. Begitupun saya yang sulit menerima karena tidak memiliki banyak dana hidup (curhat). Paling tidak sebagai warga negara ada tuntutan menyelamatkan keuangan negara dengan menghemat sebisa mungkin. Menghemat bukan berarti tidak menggunakan. Menghemat adalah menggunakan seperlunya. Kalo teman2 IPA menyebut sebagai penyelamatan global karena penggunaan kendaraan motor mendukung membumbungnya gas yang mengancam lapisan Ozon. Lain daripada itu, harus memaklumi pula bahwa BBM merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Orang ekonomi lebih tahu. Orang dakwah awam seperti saya cukup mendengar dan mencoba cari tahu dari banyak perspektif.
Tuntutan kenaikan ini adalah bagaimana pemerintah dapat memberi pelayanan terbaik ke seluruh warga negara. Jangan sampai saudara kita di Papua membeli dengan harga 70.000/liter  dan diam saja, sementara dengan harga yang lebih terjangkau kita menafikan kondisi yang jauh di sana. Pemerataan subsidi harga mati!!! Semoga keputusan ini murni kemaslahatan, bukan politisi jabatan. Hidup Rakyat!!!

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete