Tuesday, June 4, 2013

Jejak: Tren Salaf dan Modern

Lamunan 7

Mendengar kata modern orang akan berlomba-lomba mengatakan hal itu sebagai tolak ukur jaman sekarang. Selain hal-hal yang berlabel modern dianggap kuno dan tidak relevan. Modernisasi ini menjalar bukan hanya sebatas di tingkat fisik seperti bentuk bangunan, mobil, motor dan lainnya. Akan tetapi meliputi metode pemikiran. Sehingga terbentuk suatu sistem pemikiran bernama modernis dan tradisionalis.
Dulu, cerita kiai saya, muncul bermacam label modernis. Bahkan banyak berdiri pondok pesantren modern akibat ngetrennya istilah ini
Dulu, cerita kiai saya, muncul bermacam label modernis. Bahkan banyak berdiri pondok pesantren modern akibat ngetrennya istilah ini. Pengelolaannya pun dilakukan sedemikian rupa, bertolak belakang dengan apa yang biasa disebut sebagai pendidikan pesantren. Di desa-desa, orang-orang akan takjub ketika melihat penampilan tetangganya yang disebut modern. Virus modern memang mewabah karena membawa misi yang banyak diharapkan masyarakat luas.
Dalam sektor bahasa, bahasa Inggris merupakan tolak ukur seberapa modern seseorang. Sehingga muncul anggapan bahwa bahasa Inggris secara hirarkis unggul dibanding bahasa lainnya. Ada seorang ustadz saya sampai “protes” kepada santri yang lebih paham bahasa Inggris daripada bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an. Wajar saja karena setiap hari santri berjibaku dengan kitab-kitab berbahasa Arab. Kenapa malah bahasa Inggrisnya yang bagus?
Kaum modernis cenderung menggunakan rasio sebagai tolak ukur kebenaran. Berbeda dengan kaum tradisionalis yang lebih mendahulukan tradisi (namanya juga tradisi). Kaum modernis juga cenderung meninggalkan sesuatu yang dianggapnya tabu, misal tradisi yang tidak lagi dianggap baik. Akan tetapi tradisi-tradisi tersebut tidak dijalankan secara ngawur. Ada pertimbangan khusus dan dasar hukum yang digunakan sehingga sampai saat ini kuantitas tradisionalis lebih banyak dibanding modernis.
Lepas dari permasalahan di atas, ada keunikan yang terjadi dewasa ini. Di saat orang-orang beramai-ramai melabeli diri dengan kata modern, ternyata banyak yang mendengungkan menjadi orang salaf (kuno). Saya ingat ketika di pondok Pati, kiai saya meminta untuk mencantumkan nama “pondok pesantren salaf”. Dalam bahasa Arab pun harus menggunakan “al-ma’had al-salafiy”, tidak seperti pondok kebanyakan yang menggunakan “al-ma’had al-islami”. Usut punya usut, kata salaf memang tengah diperebutkan. Pondok yang bermazhab sejak dulu menamai sebagai pondok salaf, merujuk definisi salaf sebagai pemikiran abad di bawah kelima hijriyah. Di sumber lain defini salaf ialah pemikiran Islam di abad sebelum ketiga hijriyah.
Mazhab empat memang muncul di abad kedua dan ketiga hijriyah. Maka definisi pondok pesantren salaf tepat dalam konteks ini. Namun berbeda pandangan dengan kelompok tertentu yang mengatakan bahwa salaf adalah masa awal Islam, yaitu periode Nabi dan sahabat. Maka salafi adalah orang yang mengikuti apa-apa yang ada di jaman awal Islam. Sehingga secara otoritatif menganggap bahwa itulah yang paling benar.

Entah bagaimana kisah episode selanjutnya dari perebutan nama ini. Apakah pemikiran agama seperti pakaian yang mengalami sirkulasi tren?

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete